Selain dengan keindahan pantainya, Pulau Bali juga terkenal dengan keindahan panorama pegunungannya. Anda dapat menemukannya di objek wisata alam sawah bertingkat Jatiluwih di Bali. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah menjadikan Desa Jatiluwih ini salah satu objek wisata di Bali yang patut dikunjungi. Keindahan yang akan anda temukan di Objek Wisata Jatiluwih ini adalah hijaunya panorama sawah yang bertingkat-tingkat di area seluas 636 hektar. Dengan hamparan sawah nan hijau yang sangat luas tersebut anda akan dimanjakan dengan suasana alam yang sangat asri dan sejuk. Disamping itu letak Desa Wisata Jatiluwih yang berada di daerah pegunungan membuatnya menjadi objek wisata yang paling tepat untuk menikmati keindahan wisata alam di Bali ini. Disebelah utara dari Desa Jatiluwih anda akan melihat indahnya pegunungan Baturiti yang dihiasi dengan pepohonan hijaunya yang segar. Sehingga wisata anda di Jatiluwih ini juga memberikan manfaat pada kesehatan dengan udaranya yang kaya akan oksigen.

            Objek Wisata Jatiluwih ini memakai sistem pengairan subak yaitu sistem pengairan atau irigasi tradisional Bali yang berbasis budaya dan masyarakat untuk sawahnya. Keunikan sawah berteras inilah yang membuat Objek Wisata Jatiluwih masuk ke dalam daftar UNESCO World Heritage sebagai warisan budaya dunia.

             Saat menelusuri persawahannya, anda akan melihat kubu-kubu yang tentunya dapat anda singgahi untuk bersantai sejenak. Anda juga dapat menemukan objek wisata lainnya, seperti Bendungan Yeh Aya Hulu merupakan bendungan yang digunakan untuk mengatur alur air di persawahan ini. Di Desa Jatiluwih, anda juga akan melewati sungai, pura, atau rumah-rumah penduduk yang masih sederhana, dimana suasananya benar-benar menggambarkan suasana pedesaan dan alam Bali yang damai. Oleh karena itu, sangat cocok jika Jatiluwih ini menjadi desa wisata pilihan untuk mempelajari budaya Bali. Untuk dapat menikmati panorama yang dihadirkan di Desa Wisata Jatiluwih ini, anda dapat menggunakan sepeda gayung menelusuri jalan di desa, sehingga kesejukan udara dan keindahan alamnya akan anda rasakan dengan aura yang lebih berbeda.

            Sejarah Jatiluwih sebagai objek wisata di Bali sesungguhnya sudah dikenal sejak kekuasaan Belanda di Bali yaitu pada tahun 1910 sampai dengan 1942. Akan tetapi jalan untuk menuju objek wisata tersebut rusak sehingga tidak banyak wisatawan yang berkunjung kesana untuk menikmati panorama yang indah, sejuk dan menyegarkan. Berkat adanya bantuan dana dari pemerintah, pembangunan infrastruktur pun semakin mendapat perhatian. Akhirnya jalan-jalan beraspal yang telah dibangun itu dapat mengangkat nama Jatiluwih menjadi obyek wisata di Bali yang patut di kunjungi.

           Objek Wisata Jatiluwih ini berlokasi Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Jika ditempuh dari kota Denpasar, anda akan menempuh jarak sekitar 48 km untuk mencapai desa, cukup jauh dari daerah perkotaan, karena itulah objek wisata ini memikiki udara yang sejuk dan pemandangannya yang memukau. Setidaknya anda hanya akan melewatkan sekitar 150 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai. Dari sana anda tinggal melewati Jalan Sunset Road, kemudian menuju ke Kecamatan Mengwi dengan melewati daerah Kerobokan. Setelah itu anda tinggal mengambil jalan ke timur menuju kota Tabanan lalu ke Kecamatan Penebel. Jika anda berkeinginan untuk menyewa kendaraan di Desa Jatiluwih ini, anda dapat mengunjungi rentcar terdekat seperti Nadi Rentcar yang berada pada persimpangan jalan menuju Desa Mangesta dan Senganan. Di sekitar objek wisata ini juga terdapat penginapan-penginapan murah untuk anda yang ingin lebih lama menikmati keindahan alam di objek wisata ini.

          Bagi anda yang ingin menikmati wisata kuliner, dapat mencoba untuk mencicipi makanan-makanan khas Bali yang terdapat di deretan restoran yang berada di desa wisata ini. Seperti Café Jatiluwih ataupun Warung Dhea, di sana anda dapat merasakan nikmatnya makanan khas Bali dengan suguhan pemandangan alam yang sangat indah.

.   .

Foto Objek Wisata Jatiluwih


 
  .
Peta Untuk Menuju Objek Wisata Jatiluwih

 

Comments on: "Wisata Alam Sawah Bertingkat Jatiluwih Di Bali" (6)

  1. woooww.. bali memang mempesona…🙂

  2. pas banget buat ngelepas kepenatan,, apalagi suasananya yang ijoo bisa untuk cuci mata,, hehehehe….
    Bali the best daahhh……..

  3. nice blog… infonya bermanfaat banget

    Have a nice day

  4. jadi gak sabar pengen segera kesana. Maret 2014 nanti aq mau ke bali lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: