“Pulau seribu pura” itulah sebutan untuk pulau Bali yang sudah terkenal di seluruh dunia. Pura Besakih, Pura Tanah Lot, atau Pura Luhur Uluwatu adalah beberapa dari contoh pura yang sudah sangat terkenal di Bali. Namun jika kita menelusuri Pulau Bali lebih dalam lagi, maka kita akan menemukan banyak Pura yang memiliki arsitektur menarik dan pemandangan yang indah lainya. Pura Muncaksari adalah salah satunya. Di Pura Muncaksari, keasrian dan ketenangan yang menyegarkan jiwa akan dapat dirasakan bagi pengunjungnya. Selain itu keindahan bangunan pura dengan panorama pegunungan yang sejuk menjadikan Pura Muncaksari sebagai objek wisata pura yang patut dikunjungi bila anda berlibur ke Bali.

           Letak Pura Muncaksari berada di kaki Gunung Batukaru, tepatnya di Banjar Anyar, Desa Sangketan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Untuk mencapai objek wisata Pura ini, anda harus di bekali dengan kesabaran, karena letaknya agak sulit dicari. Sekitar 15 km dari Kota Tabanan, lalu menuju Kecamatan Penebel, maka anda memerlukan 8 km lagi dari sana untuk mencapai lokasi pura. Letak pura ini jauh di dalam pedesaan, namun perjalanan anda akan tetap terasa nyaman karena jalan menuju Pura Muncaksari ini sudah diaspal dengan baik. Disamping itu dalam perjalanan menuju Pura Muncaksari, anda akan melihat pemandangan yang menabjubkan disebalah kiri dan kanan jalan. Hamparan sawah dan pepohonan hijau serta ditemani kicauan burung-burung yang merdu akan menambah keasrian suasana dalam perjalanan.

           Jika anda ingin menyewa kendaraan dapat menyewanya dengan harga yang murah pada rentcar di desa sebelumnya, seperti Bali Kaisar Rentcar di Jalan Batukaru Tuak Ilang. Anda juga dapat berwisata kuliner dahulu sebelum memasuki desa di restoran-restoran yang terdapat di samping kiri dan kanan jalan yang menyajikan makanan halal khas Bali.

            Menariknya suatu pura menjadi objek wisata tentu tidak lepas dari sejarah ditemukannya Pura tersebut. Pura Muncaksari memiliki sejarah dan budaya yang sangat menarik. Luas Pura yang sekitar 5 ha ini dulunya ditemukan oleh Pan Rumrum dimasa saat Kerajaan Tabanan Bali masih berjaya dan belum ada penjajahan. Diceritakan dulunya Pan Rumrum beserta anak dan tetangganya mencari rotan di hutan untuk membuat rumah. Namun setelah mendapatkan rotan terjadi hujan lebat disertai angin dan kabut yang tebal, sehingga mereka tidak mengetahui jalan pulang. Akhirnya Pan Rumrum memohon maaf karena tidak meminta izin mengambil rotan dan berjanji akan menghaturkan banten dan menjaga pelinggih bebaturan (berupa batu) yang ada disana, jika dia selamat kembali ke rumah. Tidak lama setelah itu hujan, angin beserta kabut hilang dan beliaupun bisa kembali pulang. Karena sudah berjanji seperti itu, maka Pan Rumrum pun setiap 6 bulan menghaturkan banten dipelinggih bebaturan disana yang sekarang menjadi Pura Muncaksari. Dari sejarah itu terdapat suatu nasehat yang hendak disampaikan, bahwa kita tidak bisa mengambil sesuatu untuk menjadi milik kita secara sembarangan, mintalah izin untuk memohon memintanya, karena alam ini adalah titipan dari Tuhan yang harus dijaga oleh kita sebagai manusia. Selain memohon perindungan, banyak juga yang memohon untuk mendapatkan jodoh di Pura Muncaksari ini, karena sudah banyak terbukti bahwa mereka yang bertemu disini akhirnya berjodoh dan menikah. Disamping itu banyak juga yang memohon untuk kelancaran berdagang dan dan bertani.

            Bagi pengunjung yang ingin memasuki kawasan objek wisata pura ini, hendaknya mengikuti peraturan yang ada. Seperti pada peraturan di Pura-pura lainnya, dimana seseorang yang tidak sedang cuntaka (kotor) atau datang bulan, berniat baik dan berpakaian sopan, jika ingin melakukan persembahyangan hendaknya didampingi oleh pemangku, dan satu lagi, dilarang membawa atau menghaturan daging sapi ataupun babi. Anda dapat meminjam selendang dan kamen pada pemangku yang sangat ramah di sana. Di dalam area pura ini anda dapat melihat pemandangan yang sangat indah. Terdapat sebuat pohon yang sangat besar dan tinggi didalam pura, dimana umur pohon ini sudah sangat tua.

.

Foto Objek Wisata Pura Muncaksari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: